Selasa, 04 Juli 2017

 sejarah Adobe InDesign serta Perkembangannya

 
InDesign adalah penerus Adobe PageMaker sendiri, yang diakuisisi dengan pembelian Aldus pada akhir tahun 1994. Pada tahun 1998 PageMaker telah kehilangan hampir keseluruhan pasar profesional ke QuarkXPress 3.3 yang kaya fitur, dirilis pada tahun 1992, dan 4.0, dirilis pada tahun 1996 Quark menyatakan keinginannya untuk membeli Adobe dan melakukan divestasi perusahaan gabungan PageMaker untuk menghindari masalah anti-trust.

Adobe menolak tawaran tersebut dan malah terus mengerjakan aplikasi baru untuk tata letak halaman. Proyek ini telah dimulai oleh Aldus dan diberi nama kode “Shuksan”. Kemudian diberi kode bernama “K2” dan dirilis sebagai InDesign 1.0 pada tahun 1999.

Pada tahun 2002, InDesign adalah perangkat lunak publishing desktop Mac OS X-native desktop (DTP) pertama. Pada versi 3 (InDesign CS), ia mendapat dorongan dalam distribusi dengan dibundel dengan Photoshop, Illustrator, dan Acrobat di Creative Suite.

InDesign mengekspor dokumen dalam Adobe Portable Document Format (PDF) dan memiliki dukungan multibahasa. Ini adalah aplikasi DTP pertama yang mendukung Unicode untuk pemrosesan teks, tipografi tingkat lanjut dengan font OpenType, fitur transparansi tingkat lanjut, gaya tata letak, perataan margin optik, dan skrip cross-platform menggunakan JavaScript.

Versi perangkat lunak kemudian memperkenalkan format file baru. Untuk mendukung fitur baru, terutama typographic, diperkenalkan dengan InDesign CS, baik program maupun format datanya tidak kompatibel dengan belakang. Sebagai gantinya, InDesign CS2 memiliki format .inx yang kompatibel ke belakang, representasi dokumen berbasis XML. Versi InDesign CS yang diperbarui dengan update 3.1 April 2005 dapat membaca file yang tersimpan dalam InDesign CS2 yang diekspor ke format .inx. Format InDesign Interchange tidak mendukung versi lebih awal dari InDesign CS.

Adobe mengembangkan InDesign CS3 (dan Creative Suite 3) sebagai perangkat lunak biner universal yang kompatibel dengan mesin Intel dan PowerPC Mac asli di tahun 2007, dua tahun setelah jadwal 2005 yang diumumkan, membuat pengguna Mac-Mac yang kurang berpengalaman. CEO Adobe Bruce Chizen telah mengumumkan bahwa “Adobe akan menjadi yang pertama dengan rangkaian aplikasi universal yang lengkap.” Versi Mac CS2 memiliki kode yang terintegrasi secara erat dengan arsitektur PPC, dan tidak kompatibel secara native dengan prosesor Intel di mesin baru Apple, jadi Produk ke platform lain lebih sulit dari yang telah diantisipasi. Adobe mengembangkan aplikasi CS3 yang mengintegrasikan produk Macromedia (2005), daripada mengkompilasi ulang CS2 dan mengembangkan CS3 secara bersamaan.

Sumber :  https://onlinekanbisnismu.com/sejarah-adobe-indesign.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Design of fanart - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -